Sabtu, 24 September 2011

KUNJUNGAN SMPK KOLESE 1 DAN 2 MALANG

Sabtu, 17 September 2011. Suasana berbeda dari biasanya berada di SMP negeri 5 Kepanjen, karena pada hari itu semua siswa-siswi pulang lebih awal dari biasanya, yakni pukul 09.30 pagi hari. "Ech..., ada apa???", barangkali pikiran kita bertanya seperti itu. Itu nbukannya tanpa sebab, karena SMP Negeri 5 menunggu kunjungan dari SMPK Kolese 1 dan 2 Malang yang akan melakukan Study Banding dalam kegiatan Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata dan UKS yang telah dan tengah dijalankan oleh satu-satunya sekolah di Kabupaten Malang yang memperoleh predikat sebagai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (ADIWIYATA) tingkat Nasional selama 2 Tahun berturut-turut.

Tamu yang rencananya tiba dilingkungan sekolah SMP Negeri 5 Kepanjen pada pukul 09.00 WIB ternyata baru tiba di sekolah 1 jam lebih lama dari rencana yang telah ada. Tamu yang hadir dalam acara tersebut sebanyak 63 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Staf Tata Usaha, Pesuruh, dan Penjaga Malam di dua sekolah tersebut. Para tamu sangat antusias dan takjup terhadap lingkungan sekolah yang bersih, rapi, aman, sejuk dengan udara dan angin yang menerpa tubuh membuat para tamu betah dan berlama-lama di lingkungan sekolah.

Beberapa saat setelah selesai acara penyambutan yang berlangsung di Taman SMP Negeri 5 Kepanjen, para tamu yang berjumlah 63 orang langsung dipecah menjadi 10 kelompok untuk berjalan mengelilingi sekolah dan melihat Pokja-pokja yang ada di SMP Negeri 5 Kepanjen dengan bantuan Guide yang berasal dari anak-anak OSIS, Kader Kesehatan Remaja, dan Anak Cinta Lingkungan. Pokja yang ada pada saat itu ada 10 yakni:
1. Pokja UKS 6. Pokja Sanitasi
2. Pokja Takakura 7. Pokja Toga
3. Pokja Composter Aerob 8. Pokja Composter Multi Drum Sistem
4. Pokja Biopori 9. Pokja Kantin UKS Kejujuran
5. Pokja Ovitrap 10. Pokja Aneka Kerajinan Berbahan Limbah

Para tamu sangat antusias dalam mengikuti para pendampingnya dalam menunjukkan dan memberitahukan apa saja yang bisa dilakukan di SMP Negeri 5 Kepanjen ini. Para tamu dapat mempraktekkan bagaimana cara memilah sampah, mengolah sampah, membuat lubang resapan biopori, menjaga kebersihan KM, melihat aneka obat dan jamu yang berasal dari tumbuhan Toga di SMP Negeri 5 Kepanjen, Kantin yang menggunakan kejujuran, Memasak dengan menggunakan bahan bakar alternatif dari sampah daun, dan melihat aneka kerajinan dari bahan limbah.

Setelah selesai berkeliling, para tamu dipersilahkan untuk beramah tamah dengan para guru pembimbing yang ada baru setelah itu melakukan evaluasi, penulisan pesan dan kesan oleh masing-masing Kepala Sekolah untuk SMP Negeri 5 Kepanjen dan penyerahan Wampel dan Bingkisan untuk SMP Negeri 5 Kepanjen. Tidak hanya itui, SMP Negeri 5 Kepanjen mamberikan 3 macam tanaman langka untuk SMPK Kolese 1 dan 2 Malang yang diwakili pula oleh masing-masing Kepala Sekolah dari SMPK Kolese Malang.

Sekitar pukul 14.30 WIB, para rombongan dari SMPK Kolese Malang berpamitan dan meninggalkan wilayah SMP Negeri 5 Kepanjen. Mulai dari taman, para tamu disalami oleh sebanyak 120 orang siswa yang menghantar kepulangan para rombongan. Warga SMP Negeri 5 Kepanjen puas karena para tamu meninggalkan sekolah kami dengan membawa senyuman kebahagian dan kepuasan selama berada di Bumi Adiwiyata dan Bumi UKS SMP negeri 5 Kepanjen.

Berikut adalah beberapa foto kunjungan pada hari tersebut.

Pokja Composter Multi Drum Sistem

Pokja Kantin UKS Kejujuran

Wample dari SMPK kepada Kepala SMP Negeri 5 Kepanjen

Kepala SMP Negeri 5 Kepanjen dan Kepala SMPK Kolese 1 dan 2 Malang
Beserta Guru SMP Negeri 5 Kepanjen

Mengantar rombongan kembali kedalam kendaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar