Kamis, 29 November 2012

Air Adalah Sumber Kehidupan


Air merupakan suatu senyawa kimia H2O yang sangat istimewa, yang dalam kandungannya terdiri dari senyawa Hidrogen(H2), dan senyawa Oksigen (O2). Kedua senyawa yang membentuk air ini merupakan komponen pokok dan mendasar dalam memenuhi kebutuhan seluruh makhluk hidup di bumi selain matahari yang merupakan sumber energi. Seperti yang kita ketahui air merupakan hal yang sangat penting, karena segala makhluk hidup di dunia tidak dapat hidup tanpa air. Bahkan di dalam tubuh kita terdiri dari 55% sampai 78% air (tergantung pada ukuran 

Komposisi air dalam organ tubuh kita yaitu;
83%  darah terdiri dari air,
75%  otot manusia terdiri dari air,
74% otak manusia terdiri dari air,
22% bagian tulang pun terdiri atas air/cairan.

Permukaan bumi pada dasarnya terdiri dari 71% merupakan air, makanya ketika kita melihat bumi dari luar angkasa, bumi terlihat berwana biru. 96% air di bumi ini bersifat asin sebagai air laut, sedangkan sisanya sekitar 4% yang bersifat tawar. Kurang dari 3% berwujud salju dan es, sedangkan 1% lainnya sebagai besar air tanah, dan sisanya kurang dari 0,1% sebagai air permukaan (sungai dan danau), serta berada di biosfer dan atmosfer.
 
Fungsi air dalam kehidupan kita tidak hanya memenuhi kebutuhan secara fisik (yang dibutuhkan tubuh manusia), tetapi juga berperan sebagai pemenuh kegiatan manusia sehari-hari. Baik digunakan untuk mencuci pakaian, mandi, dan memenuhi kebutuhan manusia lainnya. Bahkan makhluk hidup lain yang berupa binatang, dan tumbuhan mengkonsumsi air sebagai pemenuh kebutuhannya.

Sekilas mengenai pengertian air, dan persentasi air dalam tubuh serta bumi, kita tahu begitu penting peranan air bagi makhluk hidup. Jadi bagaimanakah sikap manusia dalam menjaga sumber daya ini, dan bagaimana wujud manusia berperan aktif dalam melakukan konservasi sumber daya air, sehingga air dapat secara mudah memenuhi kebutuhan hidup seluruh makhluk hidup.

Seperti yang kita ketahui, berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia menyebabkan polusi air. Yang penyebab utamanya adalah pencemaran air melalui limbah pabrik, dan limbah rumah tangga yang berupa zat kimia dari diterjen yang digunakan sehari-hari, serta zat-zat kimia yang dihasilkan dari kegiatan manusia lainnya. Hal ini tentu memberi dampak negatif terhadap lingkungan, bahkan pencemaran air tersebut dapat membunuh makhluk yang disekitarnya. Dan menjadi kendala kita sekarang adalah sulitnya untuk memperoleh air bersih. Keadaan ini tentunya sangat memprihatinkan, karena kebutuhan akan air bersih adalah prioritas utama bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

 Dalam kondisi tersebut, tentunya perlu pengawasan dari pihak – pihak yang berkaitan, dan peran aktif dari kita untuk menangani masalah yang terjadi ini. Hal yang dapat kita lakukan adalah melakukan konservasi sumber daya air. Konservasi sumber daya air adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menggurangi penggunaan air bersih/segar, melalui suatu proses, dan tindakan sosial dalam rangka menanggulangi krisis air bersih/segar.

Pentingnya melakukan konservasi dikarenakan kebutuhan manusia akan air bersih sangat tinggi, dan setiap harinya secara tidak sadar kita menghabiskan dan membuang puluhan liter untuk hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Bahkan secara tidak sadar kita membiarkan air bersih sia-sia ketika kita membilas piring, menggosok gigi, mencuci tangan, dan mandi. Hal ini tentu perlu diperhatikan, sebab di suatu daerah tertentu untuk mendapatkan air bersih sangat sulit sekali. 

Adapun Tujuan diadakannya Konservasi sebagai berikut,
  • Meningkatkan volume air dalam tanah
  • Efisien dalam pemakaian air
  • Untuk menjamin ketersediaan di masa mendatang
  • Membantu keseimbangan ekosistem.

Tindakan apa saja yang dapat kita lakukan,
  • Melakukan penghematan air, baik ketika mencuci piring, pakaian, dan mandi serta aktifitas lainnya.
  • Menyediakan penampungan air, untuk persediaan air di musim tertentu.
  • Pembangunan waduk / sumur.
  • Menjaga kebersihan lingkungan,
  • Memulai program pengijauan pada lahan kosong
  • Penggunaan teknologi Biogas guna mengurangi risiko polusi sungai
  • Melakukan daur ulang air limbah (Aqua Industrial Water Treatment).
  • Memanfaatkan sisa air secara efektif dan efisian, baik untuk perkebunan dan hal yang berguna.
  • Membentuk forum khusus / gerakan cinta lingkungan khususnya mengenai kelestarian air.
  • Saling sharing dan berbagi informasi mengenai pentingnya konservasi sumber daya air.

Berbagai upaya tersebut merupakan wujud konservasi sumber daya air yang dapat dilakukan. Blogger pun mengambil bagian guna untuk memberi informasi dan penjelasan mengenai pentingnya hal tersebut bagi kelangsungan hidup makhluk hidup, dalam bentuk berbagi informasi melalui karya tulis, berbagi ilmu, sharing informasi melalui forum, dan peranan yang berupa gerakan pelestarian / konservasi sumber daya air. Hal ini dimaksudkan agar kita semua sadar akan pentingnya  kebutuhan air untuk sekarang dan kedepannya. Serta mendukung kegiatan konservasi dan menerapkannya dalam kehidupan kita.

Mari bersama kita wujudkan pelestarian dan konservasi sumber daya air, untuk sekarang dan generasi penerus di masa depan, demi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup.


daftar pustaka:
http://id.wikipedia.org/wiki/Konservasi_air
http://galuhkurniawan.blogspot.com/2010/10/sehat-dengan-meminum-air.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar