Kamis, 27 Desember 2012

Many Species, One Planet, One Future

          Apakah pernah terlintas difikiranmu bahwa kamu adalah 1 dari 1 juta spesies di dunia ini? Para ilmuan menduga bahwa terdapat 5 - 10 juta spesies yang terdapat di dunia ini dan hanya 2 juta spesies yang dapat diidentifikasi dan ditemukan oleh ilmuan. Kita, manusia merupakan spesies lainnya yang populasinya terus bertambah , sedangkan spesies lainnya terus berkurang dan yang lainnya punah. Sungguh sangat disayangkan ketika spesies yang punah adalah spesies yang belum diketahui dan merupakan obat bagi berbagai penyakit yang sekarang ini sulit disembuhkan seperti HIV-AIDS.

          Penyebab hilangnya spesies ini adalah aktivitas manusia. Dengan tipe pembangunan kita sekarang yang teroirentasi pada ekonomi, kita telah merugikan ½ dari lahan basah dunia, 1/3 dari stok ikan dunia dan  menghasilkan gas rumah kaca yang memanaskan bumi. Kita menyebabkan kecepatan kepunahan spesies 1000 kali dari kecepatan alaminya.
          Kelanjutan dari punahnya spesies selain manusia adalah? Apalagi kalo bukan punahnya spesies homo sapiens atau manusia. Untuk itu PBB mencanangkan tahun 2010 sebagai Tahun Keanekaragaman Hayati Internasional. Tema tahun ini adalah "Many Spesies, One Planet, One Future". Tema ini mengumandangkan panggilan darurat untuk secepatnya mengkonservasi keanekagaman hayati. Jutaan manusia berbagi satu bumi dengan jutaan spesies lainnya, dan hanya dengan berbagi kita dapat hidup lebih aman dan lebih kaya di bumi milik kita bersama.


Sumber: Buku Angket PLH, BLH Jatim 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar